Mikrokontroller

Arduino Uno

November, 19/2012   
Arduino UnoKali ini kita akan memberikan ulasan tentang produk Arduino Uno.

Arduino Uno adalah board Arduino revisi terbaru yang merupakan penerus dari Arduino Duemilanove. Sama dengan board sebelumnya, Duemilanove, Uno merupakan board mikrokontroler yang berdasarkan pada ATmega328 (datasheet). Berikut ini ringkasan spesifikasi dari Uno (dalam bahasa Inggris untuk kesamaan persepsi):

Microcontroller ATmega328
Operating Voltage 5V
Input Voltage (recommended) 7-12V
Input Voltage (limits) 6-20V
Digital I/O Pins 14 (of which 6 provide PWM output)
Analog Input Pins 6
DC Current per I/O Pin 40 mA
DC Current for 3.3V Pin 50 mA
Flash Memory 32 KB (ATmega328) of which 0.5 KB used by bootloader
SRAM 2 KB (ATmega328)
EEPROM 1 KB (ATmega328)
Clock Speed 16 MHz

Perbedaan mendasar antara Uno dan Duemilanove adalah tidak lagi digunakannya chip FTDI (USB-to-Serial driver) dan sebagai gantinya menggunakan ATmega8U2 yang diprogram untuk berfungsi sebagai konverter USB-to-serial. Perubahan ini cukup membantu dalam instalasi software Arduino, terutama bagi anda yang memakai sistem operasi Windows, karena tidak perlu meng-instal driver FTDI untuk menghubungkan board Arduino Uno dengan Windows.

Secara fisik, tampilan board Arduino Uno ini sangat menyenangkan untuk dilihat. Seperti terlihat pada tampak depan dan belakang dari Uno pada gambar berikut.

Tampilan depan Arduino Uno

Tampilan belakang Arduino Uno

Membuka kemasan Arduino Uno

Saking bagusnya, mungkin akan ada beberapa orang yang enggan menggunakan Uno ini pada proyek elektronik yang permanen. Kecuali proyek elektronik tersebut menggunakan tempat yang transparan sehingga bisa tetap memamerkan keindahan Uno-nya. Untuk proyek elektronik yang permanen (sudah final) mungkin bisa juga dipertimbangkan untuk menggunakan standalone Arduino.

Dimensi fisik Uno tetap sama dengan Duemilanove. Masih tetap juga menggunakan pin header dengan penempatan yang sama, untuk menjaga kompatibilitas dengan board shield yang ada. Ada yang menyayangkan hal ini, karena sebenarnya penempatan pin header pada Arduino memiliki kesalahan, yaitu tidak menggunakan jarak 0.100″ antara lubang pin header.

Di pasaran, Uno biasanya dijual dengan menyertakan kabel USB dan klip batere 9V (dengan jack DC). Ada juga yang menyertakan DVD yang berisi Software, Dokumentasi dan Video Tutorial, sehingga tidak perlu repot men-download lewat internet. Untuk harga, Uno sudah bisa didapat pada kisaran 279 ribu rupiah. Bagi anda yang membeli pada distributor resmi, harga tersebut sudah termasuk garansi selama 1 tahun (untuk pemakaian normal sesuai peruntukkan tentunya).

Sumber :  ZERFANI YULIAS/www.famosastudio.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s